Cara Mengatasi Masalah Windows Explorer Error : 2012-02-10

Seringkali ketika saya sedang menjalankan program di komputer tiba-tiba muncul tulisan seperti di bawah ini:

Hal tersebut tentu membuat saya sangat jengkel (wah,,, ni komputer dari kemaren kok banyak troublenya ya??? ) Jika kalian bertemu dengan ‘popup menyebalkan’ di atas, jangan buru-buru menginstall ulang komputemu!!! Bisa jadi dengan tips-tips di bawah ini, komputer anda bisa sembuh dari penyakit windows explorer error seperti yang pernah saya alami ini :) .

Beberapa sebab yang mengakibatkan munculnya tulisan tersebut adalah:

1. Hard drive space yang terlalu penuh. Mungkin anda bisa mulai untuk menghapus file -file yang sudah tidak penting.

2. Kerusakan pada file system. Cara mengatasinya adalah dengan melakukan Scandisc. Buka My Computer > klik kanan pada drive C > pilih properties > klik menu tab ‘Tools’ > pilih Check Now… Setelah dicheck, maka tinggal melakukan Repair Windows.

3. Komputer anda terjangkit virus atau malware. Terkadang virus tersebut menyembunyikan explorer.exe dengan maksud untuk mencegah proses scanning terhadap virus tersebut. Mungkin cara yang bisa dilakukan adalah dengan merestart komputer anda dan masuk kembali melalui “windows safe mode” dengan cara menekan tombol F8 ketika masih booting / sebelum loading windows (inget, tekan tonbl F8 harus secara cepat dan berulang-ulang karena bila ‘kecolongan’ sampai ke proses loading windows harus dimulai dari restart kembali). Kalo menu pilihan sudah muncul, pilih safe mode. Setelah masuk ke safe mode maka lakukan update antivirus yang kamu gunakan dan lakukan scanning secara menyeluruh.

#Aduuuh mas… kok masih muncul windows explorer error sih? Padahal saya sudah menjalankan beberapa instruksi di atas :o !!!

Hmmm… Mungkin ada 2 cara lagi yang belum saya sebutkan.

Cara 1:

1. Klik kanan pada My Computer > pilih properties

2. Pilih menu tab ‘Advanced’

3. Klik settings pada sub menu ‘Performance’

4. Pilih menu tab ‘DataExecution Prevention’ > pilih Turn on DEP for all programs and services except those I select > beri tanda centang pada Windows Explorer

5. Jika Windows Explorer belum terlihat klik tombol Add : lalu browse (pada umumnya windows explorer terletak pada C:\WINDOWS\explorer.exe) lalu jalankan langkah no.4

6. Setelah klik OK maka lakukan restart pada komputer anda.

Cara 2:

(Cara ke-2 ini membutuhkan CD OS anda)

1. Klik tombol start > run. Ketikkan eventvwr.msc lalu klik OK.

2. Maka akan muncul kotak dialog Event Viewer seperti di bawah ini. Lihat jendela bagian kanan, terdapat keterangan error yang lumayan banyak. Untuk ‘sekedar’ melihat akibat kerusakannya, tinggal klik kanan dan pilih properties. Maka pada bagian description akan menjelaskan kerusakan tersebut. (Maaf bila gambar kekecilan)

3. Kemudian pergi lagi ke start > run. Ketikkan SFC.EXE /SCANNOW (Mohon diperhatikan penulisannya. Antara tulisan SFC.EXE dan /SCANNOW terdapat tanda spasi). Maka akan mulai melakukan scan terhadap sistem anda dari semua perubahan windows protected files. Nah, untuk melakukan proses scanning ini dibutuhkan CD OS untuk mengganti file yang corrupt.

Beberapa cara diatas mungkin masih belum ampuh untuk mengusir Windows Explorer Error. Jika ada solusi lain, mohon dishare pada comment di bawah ini. Terima kasih…

-Semoga Komputer Anda Lekas Sembuh-

- :D :D :D Selamat Mencoba :D :D :D -


9 Responses to “Cara Mengatasi Masalah Windows Explorer Error”

  1. kanze says:

    coba dulu gan
    komputer ane explorer nya error + dr.watson nya juga error jadi ane gak bisa klik my computer

  2. grow says:

    makasih broow

  3. Aden says:

    Makasih Ilmunya,Gan.Nie pas banget lagi nyari …kompi saya lagi error ..bisa mati sendiri.
    Mudah2n ini bisa mengatasi

  4. alang says:

    terima kasih infonya

  5. reza says:

    thanks infonya gan,mudah”an gak error lagi

Leave a Reply